Selasa, 17 April 2012

Perpanjang KTP di Kecamatan Kesugihan Cilacap

Perpanjang KTP di Kecamatan Kesugihan Cilacap




Hari ini masa terakhir KTP saya, sehingga saya harus memperpanjang di Kecamatan. Dari info yang saya dapat di internet, syarat perpanjang tidak perlu rujukan dari RT RW, langsung saja ke Kelurahan untuk minta rujukan. Sesampainya di kantor Kelurahan, awalnya saya bingung ngurusnya di bagian mana, akhirnya saya masuk saja, di dalam ada beberapa bilik yang bertuliskan Kaur depannya. Karena yang ada orangnya Kaur pemerintahan yasudah saya tanya saja, mau perpanjang KTP bu, syaratnya apa saja? katanya ya pengantar RT RW, saya bilang harus ya bu, kan cuman perpanjangan, iya harus pakai itu, terus fotokopi KK sama pas foto 2x3, oh yasudah saya urus dulu, ini tutupnya jam berapa? jam 2 katanya, kebetulan masih jam 10 kurang. Akhirnya saya pulang lagi ke rumah untuk ambil motor, dan tidak lupa mempersiapkan amplop untuk uang rokok. Ternyata amplop yang kecil tinggal 1, mau cari 1 lagi di warung tapi malas, jadi bikin lagi aja pake kertas HVS. Setelah jadi saya masukkan uang 5 ribu ke masing-masing amplop. Lalu saya pergi ke rumah pak RT yang tidak jauh dari rumah. Saya tetap pakai motor karena sekalian ke rumah pak RW yang lumayan jauh. Kebetulan sekali pak RT sedang di rumah, padahal biasanya tidak di rumah itu sore, katanya saya beruntung bisa ketemu soalnya ini mau ke sawah lagi. 

Saya langsung saja minta dibikinkan surat pengantar perpanjang KTP sama pengantar SKCK. Dalam hati saya bilang sekalian minta pengantar SKCK biar ga bolak balik, untuk ngurusnya besok-besok lagi soalnya nunggu KTP barunya jadi dulu. Setelah selesai dibikinkan say harus TTD juga baru dicap dan minta TTD pak RW. setelah selesai, saya pamit ke tempat RW sekalian memberikan amplop, untuk uang rokok. Walaupun tidak formal dan tidak wajib tapi tetap saya kasih, bukan suap sih tapi lebih sebagai ucapan teri kasih karena sudah merepotkan. Lalu saya ke tempat pak RW dan beruntung juga ada pak RWnya,. Setelah dapat TTDnya, saya pamit ke Kelurahan sekalian saya ngasih amplop untuk uang rokok. Syarat tambahan sudah selesai, saya pulang untuk mempersiapkan syarat yang lain lalu saya balik lagi ke Kelurahan.

Di kelurahan Karang Kandri saya kasih surat pengantar RT RW, pas foto 2x3 berwarna 2 lembar, dan 1 lembar fotokopi KK kepada bagian Kaur pemerintahan. Saya disuruh menunggu sebentar, saya liat sih dia mengetik pakai mesin Tik dan kemudian ke ruangan Bu lurah. Setelah dari sana ibunya duduk dan memanggil saya untuk TTD 2 kali kemudian mengisi kas sebesar 5 ribu, kalau ini terang-terangan minta sumbangan :D. Yasudah, mending saya pergi ke Kecamatan Kesugihan yang letaknya lumayan jauh. Kerana pembalap, So sebentar saja sudah sampai di sana. Sesampai disana saya tanya ke tempat antrian, kalau perpanjang KTP kemana. langsung saja masuk kesana. Saya lupa ruangannya yang apa yang jelas saya baca2 bentar info-info yang terpajang disana. Lalu saya masukkan berkas ke salah satu petugas, sebentar saja saya dipanggil untuk membayar 3 ribu rupiah, saya lupa buat apa yang jelas bukan formal dan setelah itu saya disuruh kesebelah. Saya Nunggu bentar, kemudian dibuatkan semacam kwitansi tapi simpel. Saya ingat itu untuk mengambil 3 hari lagi. Dan memang benar baru bisa diambil KTPnya 3 hari lagi, da  saya membayar 7500 sebagai retribusinya. Saya simpan kwitansinya dan saya pulang ke rumah. Lega juga sudah selesai semua, lusa tinggal ngambil di Kecamatan Kesugihan.

2 komentar:

  1. pertanyaan yang sama kang, kelurahan dan kecamatan untuk hari sabtu melayani perpanjang KTP atau tidak kang? soalnya saya mau perpanjang, dan kebetulan hari libur saya hari sabtu-minggu. trims......

    BalasHapus
  2. gan bikin skck di kesugihan cilacap bayar berapa ???

    BalasHapus