Senin, 02 April 2012

LAPTOP TIDAK MENYALA SAMA SEKALI

Laptop Tidak Mau Menyala Sama Sekali, Kenapa ya???

   
Laptop saya tidak mau menyala sama sekali, kenapa ya??
Karena terburu-buru menyalakan laptop, setelah saya pencet tombol power, laptop saya sempat nyala sebentar tapi kemudian mati sama sekali. Saya panik juga akhirnya, kenapa ya bisa mati total? saya menduga colokan chargernya yang kurang kenceng. Saya sudah mencoba menyolokan ke tempat lain, mengganti kabel adaptor dengan yang baru, tapi sama sekali tidak menyala. Saya menduga, gara-gara baterai laptop yang sudah tidak berfungsi lagi tapi tetap dipasang sehingga saya berinisiatif untuk melepasnya dan tetap tidak bisa menyala.

Saya takut sekali waktu itu, jangan-jangan motherboardnya yang kena, seperti laptop punya temen-temen saya. Keluhan mereka laptop tidak mau menyala sama sekali dan akhirnya motherboardnya yang kena dan apabila mau ganti tidak akan murah biayanya, buat beli laptop baru yang murah juga bisa. Saya ingat waktu itu hari sabtu tanggal 24 Maret 2012, mau ke tempat servis centernya selain tidak tahu tempatnya dimana juga pasti tutup. Maklum di kota kecil, Kota Cilacap BERCAHAYA yang tercinta. Saya browsing saja dulu di internet, alamat servis laptop yang dekat-dekat saja, karena apabila harus ke HP center itu yang terdekat di Jogja atau semarang, jauh sekali kalau dari cilacap. Saya cari yang di Cilacap tapi tidak ada yang meyakinkan tempatnya. Saya cari di Purwokerto, nemu beberapa sih tapi masih ragu juga sih kalau tidak servis di centernya. 

Saya memutuskan untuk bertanya ke teman saya yang anak TI dan kebetulan kuliah di Purwokerto, namanya Dany Dharma. Tempat servis yang bagus di PWT itu dimana yah?? dia tanya balik, laptopku mereknya apa? saya jawab Compaq 510. Coba saja di Petra Computer di dekat alun-alun Purwokerto (PWT). Akhirnya hari senin tanggal 26 Maret 2012 siang, saya dan teman saya yang namanya Dhimas pradipta, teman 1 SMA juga seperti Dany dan dia juga 1 almamater di Undip cuman beda jurusan saja, saya ambil ILMU GIZI FK Undip, dia ngambil teknik perkapalan. Kebetulan kita juga bareng wisudanya yaitu tanggal 26 Januari 2012 dan sama-sama masih nganggur juga sampai sekarang :D.

Di Petra Komputer saya langsung memberitahu masalah di laptopku dan mbanya mencoba memperbaikinya dengan cara mereset powernya, padahal di rumah saya juga sudah mencobanya, saya tahu hal itu dari artikel yang saya baca di internet. Kemungkinan karena mencet tombol powernya tidak mencapai 30 deik jadiu tetap tidak menyala. setelah di reset sama mbanya akhirnya laptopku menyala lagi, hore tidak jadi ganti motherboard. Saya tidak suka ganti-ganti barang bila masih bisa dipakai dan diperbaiki, jadi kalau memang harus ganti motherboard ya saya nunggu sampai punya uang dari hasil kerja sendiri. Maklum sudah sarjana jadi tidak mau merepotkan orang tua lagi. So, apabila laptop anda tidak menyala total silahkan dicoa dulu cara-cara di bawah ini sebelum anda  serviskan.

  • Bila kamu mencoba menyalakan laptop menggunakan kabel charger (bukan dari baterai), pastikan bahwa charger laptopmu terhubung dengan baik ke laptopmu atau ke stop kontak. Pastikan charger yang terhubung tidak longgar dan masuk dengan sempurna.
  • Bila charger laptopmu terhubung ke surge protector, pastikan surge protectornya telah menyala.
  • Jika laptop kamu tetap tidak menyala, cobalah pasang charger di stop kontak yang lain.
Jika setelah mencoba cara-cara diatas namun laptop kamu tetap tidak bisa menyala, kamu tidak perlu panik dulu. Masih ada satu cara lagi yang bisa kamu coba, yaitu dengan melakukan ‘power-reset’. Power reset berguna untuk memutuskan arus listrik apapun yang menyebabkan laptop kamu tidak bisa menyala dengan baik. Untuk bisa melakukan ‘power-reset’ kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Lepaskan baterai laptop dari tempatnya dan cabutlah charger dari laptopmu.
  2. Tekan dan tahan tombol power pada laptopmu selama 30 detik, setelah itu lepaskan.
  3. Colokkan kembali charger ke laptop, pasang kembali baterai laptop di tempatnya. Setelah semuanya terpasang, coba nyalakan lagi laptopmu.
Apabial tetap tidak mau menyala berarti ada kerusakan komponen di dalamnya. So, silhkan pergi ke tempat servisnya. Selamat mencoba!!!

7 komentar:

  1. Terima kasih mas.... td punya foreman saya kaya gitu,saya coba berhasil...
    GOOD JOB

    BalasHapus
  2. Saya udah coba gan dan 100% work. Trima kasih,

    BalasHapus
  3. Kamaren2 d coba gini bisa, tpi skg kok ga bisa saya.
    Knp y gan?

    BalasHapus
  4. Udah panik nak mampos dah... Laptop juga gk mau idup..dh coba tapi gk bisa...banyak anime nya lagi dalamnya...rugi aku..

    BalasHapus
  5. Laptop saya baterai tancep, gimana dong?:v

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Terimakasih Heee
    mampir min ke blog saya juga http://sumiratblog.blogspot.co.id :)

    BalasHapus